arrow_upward
settings_brightness




ReferensiKita.id - Indonesia sebagai negara yang dulunya dijajah oleh berbagai negara di Eropa, menyisakan banyak hal bagi bangsa ini, terkhusus di sisi transportasi kereta api. Ternyata, sebelum adanya kereta api, diperkirakan pada abad ke-6 Sebelum Masehi (SM) tepatnya di Kota Kartinus Yunani, ditemukan sebuah moda transportasi yang dikenal dengan lori.

Bagi anak-anak milienal, mungkin tidak begitu mengenal kereta lori itu. Tapi mungkin saja hal yang diketahui oleh generasi Z ialah kereta api, yang kini terbilang sudah canggih dan bahkan sudah berkecepatan tinggi.

Apa itu Kereta Lori?


Kerangka lori sendiri melihat di zaman 6 SM tersebut, terbuat dari kayu. Bisa di contohkan kepada kerang mirip kendaraan bemo. Saking kecilnya, jalur yang digunakan kereta lori ini awalnya menggunakan rel kayu dan tali penarik dari serat rami, dan dioperasikan oleh tenaga manusia atau hewan, menggunakan roda yang dikenal dengan treadwheel (roda pijakan).

Namun bagi masyarakat di Indonesia, kereta lori ini kebanyakan digunakan untuk mengangkut hasil panen tebu dan di antar ke pabrik dan juga banyak digunakan untuk pengakut hasil tambang.

Sejarah Kereta Api


Sejarah perkeretaapian sama seperti sejarah alat transportasi umumnya yang diawali dengan penemuan roda. Mulanya dikenal kereta kuda yang hanya terdiri dari satu kereta (rangkaian), kemudian dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih dari satu rangkaian serta berjalan di jalur tertentu yang terbuat dari besi (rel) dan dinamakan sepur.

Hal tersebut digunakan khususnya di daerah pertambangan tempat terdapat lori yang dirangkaikan dan ditarik dengan tenaga kuda.

Tonton Videonya : SI KERETA LORI PENGHANTAR PAKET BANTUAN UNTUK MASYARAKAT

Sementera kini, kereta lori telah berevolusi, dan dikenal dengan Lori Inspeksi yang masih digunakan oleh PT Kereta Api Indonesia. Lori Inspeksi ini memiliki 4 roda untuk jalan di rel dan 4 roda untuk di jalan darat ini digunakan untuk inspeksi jalan kereta.

Kereta Lori Inspeksi memiliki kecepatan 20 km/jam
Kereta Lori Inspeksi memiliki kecepatan 20 km/jam

Setelah adanya lori, maka dilakukanlah dulunya itu pengembangannya. Lori tidak lagi menggunakan tenaga hewan atau manusia untuk beroperasi, tapi sudah menggunakan uap. Bahkan kerangka dan tampilan lori tidak lagi seperti lori dulunya.

James Watt dikenal seorang penemu mesin uap, dan Nicolas Cugnot membuat kendaraan beroda tiga berbahan bakar uap. Orang-orang menyebut kendaraan itu sebagai kuda besi. Kemudian Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta dan memanfaatkannya pada pertunjukan di depan masyarakat umum.

George Stephenson menyempurnakan lokomotif yang memenangi perlombaan balap lokomotif dan digunakan di jalur Liverpool-Manchester. Waktu itu lokomotif uap yang digunakan berkonstruksi belalang. Penyempurnaan demi penyempurnaan dilakukan untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu menarik kereta lebih banyak.

Baca Juga: Tampilan Keren Modifikasi Yamaha Lexi125cc Warna Abu-abu

Penemuan listrik oleh Michael Faraday membuat beberapa penemuan peralatan listrik yang diikuti penemuan motor listrik. Motor listrik kemudian digunakan untuk membuat trem listrik yang merupakan cikal bakal kereta api listrik.

Kemudian Rudolf Diesel memunculkan kereta api bermesin diesel yang lebih bertenaga dan lebih efisien dibandingkan dengan lokomotif uap. Seiring dengan berkembangnya teknologi kelistrikan dan magnet yang lebih maju, dibuatlah kereta api magnet yang memiliki kecepatan di atas kecepatan kereta api biasa.

Jepang dalam waktu dekade 1960-an mengoperasikan KA Super Ekspress Shinkanzen dengan rute Tokyo-Osaka yang akhirnya dikembangkan lagi sehingga menjangkau hampir seluruh Jepang. Kemudian Prancis mengoperasikan kereta api serupa dengan nama TGV.

Dari Kereta Lori Menjadi Kereta Api


Bermula dari kereta lori, berubah menggunakan tenaga uap, hingga maju menggunakan diesel dan bahkan listrik. Dari pemahaman singat dari ulasan ini, kereta lori menjadi inspirasi lahirlah kereta api saat ini. Berikut ada video kondisi kereta lori yang digunakan oleh PT Kereta Api Indonesia

Sumber data: wikipedia



Kereta Lori, Nenek Moyangnya Kereta Api

Saturday, May 02, 2020 : 11:29




ReferensiKita.id - Indonesia sebagai negara yang dulunya dijajah oleh berbagai negara di Eropa, menyisakan banyak hal bagi bangsa ini, terkhusus di sisi transportasi kereta api. Ternyata, sebelum adanya kereta api, diperkirakan pada abad ke-6 Sebelum Masehi (SM) tepatnya di Kota Kartinus Yunani, ditemukan sebuah moda transportasi yang dikenal dengan lori.

Bagi anak-anak milienal, mungkin tidak begitu mengenal kereta lori itu. Tapi mungkin saja hal yang diketahui oleh generasi Z ialah kereta api, yang kini terbilang sudah canggih dan bahkan sudah berkecepatan tinggi.

Apa itu Kereta Lori?


Kerangka lori sendiri melihat di zaman 6 SM tersebut, terbuat dari kayu. Bisa di contohkan kepada kerang mirip kendaraan bemo. Saking kecilnya, jalur yang digunakan kereta lori ini awalnya menggunakan rel kayu dan tali penarik dari serat rami, dan dioperasikan oleh tenaga manusia atau hewan, menggunakan roda yang dikenal dengan treadwheel (roda pijakan).

Namun bagi masyarakat di Indonesia, kereta lori ini kebanyakan digunakan untuk mengangkut hasil panen tebu dan di antar ke pabrik dan juga banyak digunakan untuk pengakut hasil tambang.

Sejarah Kereta Api


Sejarah perkeretaapian sama seperti sejarah alat transportasi umumnya yang diawali dengan penemuan roda. Mulanya dikenal kereta kuda yang hanya terdiri dari satu kereta (rangkaian), kemudian dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih dari satu rangkaian serta berjalan di jalur tertentu yang terbuat dari besi (rel) dan dinamakan sepur.

Hal tersebut digunakan khususnya di daerah pertambangan tempat terdapat lori yang dirangkaikan dan ditarik dengan tenaga kuda.

Tonton Videonya : SI KERETA LORI PENGHANTAR PAKET BANTUAN UNTUK MASYARAKAT

Sementera kini, kereta lori telah berevolusi, dan dikenal dengan Lori Inspeksi yang masih digunakan oleh PT Kereta Api Indonesia. Lori Inspeksi ini memiliki 4 roda untuk jalan di rel dan 4 roda untuk di jalan darat ini digunakan untuk inspeksi jalan kereta.

Kereta Lori Inspeksi memiliki kecepatan 20 km/jam
Kereta Lori Inspeksi memiliki kecepatan 20 km/jam

Setelah adanya lori, maka dilakukanlah dulunya itu pengembangannya. Lori tidak lagi menggunakan tenaga hewan atau manusia untuk beroperasi, tapi sudah menggunakan uap. Bahkan kerangka dan tampilan lori tidak lagi seperti lori dulunya.

James Watt dikenal seorang penemu mesin uap, dan Nicolas Cugnot membuat kendaraan beroda tiga berbahan bakar uap. Orang-orang menyebut kendaraan itu sebagai kuda besi. Kemudian Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta dan memanfaatkannya pada pertunjukan di depan masyarakat umum.

George Stephenson menyempurnakan lokomotif yang memenangi perlombaan balap lokomotif dan digunakan di jalur Liverpool-Manchester. Waktu itu lokomotif uap yang digunakan berkonstruksi belalang. Penyempurnaan demi penyempurnaan dilakukan untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu menarik kereta lebih banyak.

Baca Juga: Tampilan Keren Modifikasi Yamaha Lexi125cc Warna Abu-abu

Penemuan listrik oleh Michael Faraday membuat beberapa penemuan peralatan listrik yang diikuti penemuan motor listrik. Motor listrik kemudian digunakan untuk membuat trem listrik yang merupakan cikal bakal kereta api listrik.

Kemudian Rudolf Diesel memunculkan kereta api bermesin diesel yang lebih bertenaga dan lebih efisien dibandingkan dengan lokomotif uap. Seiring dengan berkembangnya teknologi kelistrikan dan magnet yang lebih maju, dibuatlah kereta api magnet yang memiliki kecepatan di atas kecepatan kereta api biasa.

Jepang dalam waktu dekade 1960-an mengoperasikan KA Super Ekspress Shinkanzen dengan rute Tokyo-Osaka yang akhirnya dikembangkan lagi sehingga menjangkau hampir seluruh Jepang. Kemudian Prancis mengoperasikan kereta api serupa dengan nama TGV.

Dari Kereta Lori Menjadi Kereta Api


Bermula dari kereta lori, berubah menggunakan tenaga uap, hingga maju menggunakan diesel dan bahkan listrik. Dari pemahaman singat dari ulasan ini, kereta lori menjadi inspirasi lahirlah kereta api saat ini. Berikut ada video kondisi kereta lori yang digunakan oleh PT Kereta Api Indonesia

Sumber data: wikipedia